Tuesday, February 12, 2008

Mengatasi Keterbatasan RAM Nokia 3650/3660

Seperti yang Anda ketahui, Nokia 3650 tidak memiliki RAM sebanyak Nokia 6600 dan N-Gage. Namun, CHIP akan menunjukan kepada Anda bagaimana cara untuk mendapatkan RAM yang lebih banyak untuk menjalankan game dan aplikasi yang memerlukan memori besar dan mele-nyapkan pesan "Memory low... Please re-move some data" yang cukup mengganggu.
Metode yang paling mudah untuk membebaskan memory di ponsel Anda adalah menutup aplikasi yang tidak digunakan. Untuk mengetahui aplikasi apa yang belum tertutup secara sempurna, tahan tombol "Menu" dan pilih aplikasi yang akan ditutup. Tekan tombol “Options” lalu scroll down tombol navigasi sampai ke pilihan "exit". Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lain. Hal ini dapat membebaskan sekitar 100-200 KB memory.

Flight Mode: Membuat ponsel Anda dapat di-restart tanpa memerlukan SIMcard.


Apabila metode tersebut masih belum cukup ampuh, terdapat metode kedua yaitu memanfaatkan software Psiloc System Tools (www.psiloc.com). Jalankan software ini dan pindahlah ke tab “Tools”. Pilih menu “Compress RAM” dan dalam sekejap Anda akan mendapatkan beberapa KB di ponsel Anda. Selain itu, Psiloc System Tools ini pun memiliki "Flight mode". Dengan memilih mode ini, ponsel dapat di-restart tanpa SIM card sehingga tidak ada phone task yang berjalan. Dengan demikian, Anda dapat membebaskan RAM 3,5 MB. Metode ini memang sedikit merepotkan karena Anda harus mencabut SIM card. Setelah di-restart, Ponsel akan menampilkan beberapa kali pesan "Insert SIM card". Anda tidak perlu khawatir karena setelah beberapa detik tampilan untuk memasuki "flight mode" dari Psiloc pun akan muncul. Tekan tombol “Options | Enter flight mode”. Tekan tombol "Power" untuk menghidupkan lampu. Anda pun tidak perlu panik ketika tombol "Power" tidak bisa mematikan ponsel Anda. Nonaktifkan “flight mode” dari Psiloc System Tools untuk mematikan ponsel. Pasang kembali SIM card, nyalakan, dan fungsi ponsel akan kembali seperti semula.

No comments: