Tuesday, February 12, 2008

Agar Puasa Jalan Terus

Bagi umat muslim, masalah halal-haram menjadi hal yang mutlak dalam memilih makanan. Disamping dilarang agama, makanan haram juga diketahui banyak mendatangkan keburukan bagi badan.
Untuk mereka yang tinggal di negara berpenduduk mayoritas muslim tidak sulit untuk memilih makanan yang halal karena negara-negara tersebut biasanya sudah memiliki lembaga sertifikasi, yang akan memberikan sertifikat halal pada produk makanan yang akan diedarkan di pasar.
Lalu bagaimana dengan makanan impor, yang mungkin belum terdata lembaga sertifikasi ? Kita bisa mengetahui kandungan yang ada dalam sebuah makanan dengan menggunakan sebuah aplikasi Java bernama “Halal Food Guide for Mobile Phone”. Aplikasi ini berplatform J2ME, ukuran file 75 kb, bisa diinstall pada ponsel Java MIDP 1.0 keatas, dan dapat didownload di http://getjar.com/products/8291/
HalalGuide.
Aplikasi ini berisi kumpulan daftar bahan-bahan makanan yang dibagi dalam 4 (empat) kategori yaitu : halal, haram, tergantung kondisi (bisa haram / bisa halal), dan masybuh (meragukan).
Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Begitu membuka aplikasi, kita dapat menemukan pilihan BROWSE dan 2 pilihan lainnya, yaitu E-Code dan Ingredients (bahan makanan). Untuk masyarakat Indonesia, E-Code mungkin akan terasa asing, mengingat kode ini banyak digunakan negara-negara Eropa dan Amerika untuk memberi label makanan di wilayah mereka.
Misalkan kita memilih Ingredients, kita tidak akan menemukan kata-kata lada, bawang merah, cabai, dsb. Karena kata-kata yang digunakan menggunakan bahasa-bahasa ilmiah makanan. Tapi jangan kawatir, karena kita tinggal mencocokkannya dengan data yang ada di balik kemasan makanan tersebut. Selamat mencoba.

No comments: