Tuesday, February 12, 2008

Menikmati Layanan Push Email Semudah SMS

Akhir-akhir ini beberapa operator seluler gencar menawarkan Push Email.
Indosat melalui Blackberry Matrix dan Telkomsel dengan Ventus. Mungkin masih banyak yang bingung apa itu push email. Push Email adalah teknologi yang lahir karena tuntutan konsumen yang membutuhkan akses email kemanapun mereka berada. Terlebih adanya kendala jaringan internet yang masih terbatas, dan kalaupun ada akan lebih repot dan memakan waktu untuk menggunakannya. Oleh karena itu ditemukan salah satu metode untuk memecahkannya yaitu lewat jaringan telepon selular yang jaringannya lebih luas daripada jaringan internet.
Sebenarnya dari Handphone atau mobile device lainnya, kita juga bisa mengakses email melalui WAP/GPRS, namun prosesnya agak merepotkan karena tiap beberapa saat harus mengecek inbox secara manual. Maka akan lebih memudahkan bila ada teknologi yang secara otomatis dapat mengecek inbox email dan memberi informasi bahwa ada email yang masuk. Push email dapat menjawab tantangan tersebut. Push email suatu teknologi yang memungkinkan kita menerima email layaknya SMS. Jadi setiap ada email yang masuk maka langsung bisa diterima seperti SMS. Untuk dapat menggunakan layanan tersebut minimal harus ada Operator dan Handset/perangkat yang men-support Push Email.
Proses kerja Push Email kurang lebih adalah email yang masuk akan di ambil oleh Server dari operator yang menyediakan layanan, lalu akan di proses dan dikirimkan kepada pelanggan layaknya SMS. Jelas sangat menguntungkan bagi orang-orang yang mobile dan bergantung dengan email, waktu dan biaya bisa lebih ditekan dan informasi jelas ter-update. Namun, Kendala dari layanan ini adalah tarifnya masih terlalu mahal, apalagi untuk perorangan. Memang pertama kali layanan ini di tujukan untuk segmen corporate, namun sekarang sudah dibuka untuk masyarakat umum/perorangan.
Di Internet, banyak tersedia layanan push email gratisan. Diantaranya yakni emoze ( www.emoze.com ) dan flurrymail.com ( www.flurrymail.com ). Namun seperti kita tahu, beberapa operator dalam negeri sudah menyelenggarakan layanan berbasis data ini. Ada You’ve got mail, ventus, Blackberry, I- Memo-va dan mobile m@il.

Berikut beberapa layanan push email operator tersebut, termasuk pengguna yang bisa memakainya.
TELKOMSEL
1. Telkom Ventus. Ditujukan untuk pelanggan pasca bayar. Jenis ponsel yang mendukung layanan ini hanya ponsel symbian dan PDA (windows mobile).
2. You’ve got mail. Push email ini bisa dinikmati pelanggan prabayar dan pascabayar. Tipe ponsel yang mendukung layanan ini yakni hampir semua ponsel J2ME berfitur email (Nokia S40, S60, dan S80, Sony Ericsson, Motorola, dan lain-lain ) dan windows mobile.
3. You’ve Got Mail merupakan layanan push email pertama di Indonesia yang dapat mengakses hingga lima account sekaligus dari berbagai email account popular seperti Hotmail, Yahoo!, Google mail, AOL, dan CBN. Bahkan beragam email protocol POP3/IMAP4.


INDOSAT
1. Blackberry
Layanan ini lebih ditujukan bagi pelanggan korporat.
2. I-Memove
Pesan email yang terkirim dalam bentuk pesan MMS, dengan kapasitas maksimal 50 kb/MMS. Untuk registrasi, ketik REG ke 6789 via MMS
3. I-Mofis
Layanan ini serupa Blackberry, hanya saja berjalan di ponsel ber-OS windows mobile.

PRO-XL
1. Blackberry Internet Service
Layanan push email untuk individual dan usaha kecil memudahkan anda menerima dan mengirim email sampai 10 email account yang berbasis POP3/IMAP, termasuk 1 email account yang otomatis didaftarkan xl.blackberry.com
2. Blackberry Enterprise Server
Layanan ini didesain untuk corporate yang menggunakan platform Microsoft Exchange, Lotus Domino or Novel Wise. Dibutuhkan server yang akan dihubungkan dengan mail server perusahaan, menyediakan anda akses wireless ke email kantor, contacts dan kalender.
3. Mobile M@il
Layanan push email ini ditujukan bagi pengguna kartu XLMail (Username@xlmail.co.id) dengan kapasitas 15 MB. Selain itu, anda bisa mendaftarkan 4 akun email POP3 atau IMAP lainnya, seperti CBN, yahoo.co.id, Radnet, Gmail, Hotpop dan lain-lain sehingga anda bisa membaca dan membalas email XLMail dan email POP3 anda lainnya melalui ponsel anda.
Registrasi bisa dilakukan melalui situs wap http://wap.xl.co.id. Klik, logo XL mobie m@il dan sign up.

No comments: