Tuesday, February 12, 2008

Kartel SMS, Apakah Itu ?

Jauh sebelum muncul keputusan pemerintah untuk menurunkan tarif telepon operator GSM, terutama biaya interkoneksi antar operator, sudah muncul terlebih dahulu temuan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) tentang dugaan persekongkolan harga oleh perusahaan penyelenggara operator telepon seluler dalam menetapkan tarif atau biaya pengiriman sms.
Istilah kartel terdapat da1am beberapa bahasa seperti "cartel" dalam bahasa Inggris dan "kartel" dalam bahasa Belanda. "Cartel" disebut juga "syndicate" yaitu suatu kesepakatan (tertulis) antara beberapa perusahaan produsen dan lain-lain yang sejenis untuk mengatur dan mengendalikan berbagai hal, seperti harga, wilayah pemasaran dan sebagainya, dengan tujuan menekan persaingan dan meraih keuntungan.
Kartel itu merupakan gabungan atau persetujuan (conventie) antara pengusaha-pengusaha yang secara yuridis dan ekonomis berdiri sendiri. Untuk mencapai sasaran; peniadaan sebagian atau seluruh persaingan antar pengusaha, untuk dapat menguasai pasar, dimana biasanya tujuan pembentukan kartel, diperlukan syarat bahwa kartel mencakup bagian terbesar dari badan-badan usaha yang ada, dengan ketentuan bahwa mereka menggarap pasar yang bersangkutan.
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yakin terjadi persekongkolan delapan operator selular untuk membentuk harga (kartel) tarif layanan pesan pendek. “Tentu saja kami yakin, kalau tidak pasti tak dilanjutkan ke pemeriksaan lanjutan,” kata Ketua KPPU Muhammad Iqbal. “Tapi kami tak bisa menghakimi begitu saja. Perlu dibuktikan lebih lanjut.”
Ia menjelaskan, dalam pemeriksana lanjutan ini tim pemeriksa fokus pada mencari kerugian konsumen (customer lost) akibat penetapan harga. Bukti pendukung seperti kerugian konsumen diperlukan setelah operator ramai-ramai mengelak ikut dalam perjanjian tarif pesan pendek (SMS). Padahal awalnya operator mengakui bukti-bukti berupa dokumen perjanjian yang saat ini berada di tangan komisinya.
Soal upaya menghitung customer lost, kata Iqbal, bisa melalui analisa ekonomi berdasarkan tarif interkoneksi dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), yakni Rp 75 per SMS. Sementara delapan operator memberlakukan tarif SMS Rp 250-Rp 350. “Pembuktian seperti ini pernah kami lakukan pada kasus Temasek,” katanya. Delapan operator itu adalah PT Excelcomindo Pratama (XL), PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), PT Telekomunikasi Indonesia (Telkomsel), PT Indosat, PT Hutchinson, PT Smart Telecom, PT Mobile-8, dan PT Bakrie Telecom.
KPPU telah memiliki bukti kuat kartel tarif SMS. Bukti kuat itu didapat pekan lalu sehingga lembaga ini memutuskan melanjutkan pemeriksaan. "Pemeriksaan lanjutan untuk memeriksa saksi-saksi dan mendapatkan bukti yang lebih kuat," ucapnya. Pemanggilan manajemen delapan operator tadi sudah dilakukan pada bulan Januari. KPPU menemukan dokumen perjanjian dan fakta-fakta pendukung. Fakta itu antara lain operator memberlakukan tarif Rp 250-Rp 350 per SMS, padahal BRTI menetapkan Rp 75.-.
Jika dugaan persekongkolan ini terbukti, menurut dia, operator-operator itu melanggar Pasal 5 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Pasal tadi melarang pelaku usaha membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga atas suatu barang dan atau jasa yang harus dibayar oleh konsumen pada pasar yang sama.
Operator seragam membantah tuduhan kartel. Juru bicara Telkom, Eddy Kurnia, menyatakan layanan SMS di Indonesia masih berbasis sender keep all (SKA) sehingga operator penerima SMS tak memperoleh benefit apapun. Padahal, banjir pesan pendek membebani operator yang dituju. Untuk menghindari spamming antar operator, kata dia, banyak promosi SMS on net dengan harga murah atau mengubah SKA menjadi pola interkoneksi. Soal tarif versi BRTI, Eddy menilai BRTI menghitung berdasarkan perhitungan cost based, yakni SMS masih dianggap sebagai value added service, sehingga cost rendah. Sebab tak semua elemen jaringan yang digunakan diperhitungkan.
Direktur Marketing Indosat, Guntur S. Siboro, membantah perusahannya meneken perjanjian soal tarif SMS dengan operator lain. “Harga juga ditentukan oleh pasar dan positioning,” ujarnya. Mobile-8 dan Bakrie Telecom pun membantah kongkalikong mengatur harga.
Adapun Myra Junor, juru bicara XL, enggan berkomentar dengan alasan masih dalam pemeriksaan. Direktur Utama Hutchinson, Sidharta Sidik, setali tiga uang.
Aksi delapan operator itu sebagai price fixing. Ini terjadi lantaran harga cenderung seragam karena dominasi salah satu operator. Nah, operator lainnya menikmati kondisi itu. Price fixing tentu saja merugikan konsumen. Homogenitas (keseragaman) harga terjadi karena tak ada perbedaan struktur tarif.
Sebagai konsumen, kita patut berharap bahwa rencana pemerintah untuk menurunkan tarif telepon mulai 1 April 2008 juga disertai dengan penurunan tarif sms, baik antar sesama operator maupun lintas operator. Semoga.

Perang Tarif Operator Seluler

Kalo kita mengamati iklan dari para penyedia jasa telepon selular, baik GS mauun CDMA, maka kita akan menyaksikan perang tarif yang sangat ketat. Berikut ini adalah iklan perang tarif yang sering muncul di media masa terutama televisi :
• Mentari - Indosat, judul promo : Mentari FreeTalk (Rp 0 antar sesama mentari)
• Simpati - Telkomsel, judul promo : Simpati PeDe (Rp 0,5 / detik setelah menit ke-1 ke semua pelanggan Telkomsel)
• Bebas - XL (Rp 0,1 / detik setelah menit ke-2,5)
• Three (Rp 1 / menit)
• Smart (Rp 0 selama 24 jam sehari, antar Smart)
• Esia (Rp 50 / menit atau Rp 1000 / jam, antas Esia)
• StarOne - Indosat (Ngorbit Rp 25.000 per bulan antar StarOne)
• Fren - Mobile-8 (Rp 38 / menit, antar Fren lokal)
• Fren – Mobile-8 (Rp 700 / menit, ke GSM manapun)
Luar biasa memang perang tarif selular yang sedang terjadi dan yang diuntungkan adalah para konsumen atau pelanggan karena tarif menjadi murah. kenapa bisa terjadi perang tarif yang luar biasa seperti ini di kalangan para operator selular GSM maupun CDMA ? Ada dua tujuan : pertama, bagi operator baru ingin mendapatkan / merebut pelanggan baru, dan kedua, bagi operator lama ingin agar pelanggannya bertambah banyak dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Perang tarif ini bisa dipastikan akan membuat bingung para pelanggan baru maupun lama, betapa tidak ? Promosi tarif yang sangat ketat akan membuat orang susah untuk membandingkan tarif apalagi standar yang digunakan untuk menentukan hitungan tarifnya berbeda-beda antara operator satu dengan yang lainnya. ada yang perdetik, permenit, perjam, perbulan, dana batasan berlakunya promo juga berbeda-beda. Oleh karena itu sebagai konsumen harus lebih jeli untuk memilih operator yang hendak digunakan.
Genderang perang tarif antar operator GSM dan CDMA semakin sengit. Konsumen semakin diuntungkan dengan keadaan ini. Tarif yang semakin murah memang sudah seharusnya dinikmati konsumen karena berdasarkan hitung-hitungan para ahli di bidang telekomunikasi tarif seluler di Indonesia masih mahal.
Bahkan menurut KPPU terjadi kongkalingkong antar operator dengan memberikan batas bawah tarif antar operator. Andaikan tidak ada kesepakatan antar operator itu tarif bisa lebih murah lagi dari sekarang.
Konsumen dalam mempertimbangkan operator yang dipilih sebenarnya hanya berdasarkan luasnya jaringan, kemudahan isi ulang dan tarif yang bersaing. Sebagai contoh tarif beberapa operator GSM berdasarkan iklan yang sering menyesatkan sebenarnya masih dalam batas rentang (range) yang tidak berbeda jauh. Hanya kadang hitung-hitungannya dibuat rumit, lihat saja hitungan tarif operator XL Bebas yang katanya hanya Rp 0,1/detik.
Penetapan tarif baru XL yang Rp 0,1/detik itu menjawab tantangan simPATI PeDe yang menawarkan tarif Rp 0,5/detik untuk sesama operator. Bila dicermati dan hitung kisaran tarifnya hanya selisih ratusan rupiah untuk menelepon selama 1 jam. Bila simPATI PeDe menetapkan 1 menit pertama Rp 1.500,00 dan detik selanjutnya Rp 0,5/detik, maka XL menetapkan 2,5 menit pertama Rp 1.500,00 dan tarif 0,1 detik untuk setelah 2,5 menit sampai 30 menit pertama dan sampai 60 menit pertama tarifnya Rp 1/detik. Rumit ya?
Setelah dihitung dan dibandingkan tarif sesama operator:
- Tarif XL pada 30 menit pertama Rp 1.965,00 dan selama 1 jam yaitu Rp 3.765,00
- Tarif simPATI PeDe pada 30 enit pertama Rp 2370,00 dan selama 1 jam yaitu Rp 3.270,00
Dengan catatan XL menentukan perbedaan tarif untuk beberapa wilayah sedangkan simPATI PeDe sama disemua wilayah Indonesia.

Namun yang perlu diperhatikan apakah penentuan tarif tersebut tepat seperti hitungan kita diatas, atau hanya akal-akalan dari penyelenggara telepon selular, ini yang harus dicermati Menurut hemat penulis, pada suatu saat nanti perang tarif telepon selular akan berhenti mengingat marjin laba yang semakin menurun akan memberatkan bagi perusahaan operator telepon selular. Hal itu otomatis akan menggeser bentuk persaingan harga (price competition) ke persaingan non harga (non price competition). Persaingan akan lebih fokus ke masalah-masalah seperti kualitas sinyal yang semakin baik, daerah blank spot semakin berkurang, berkurangnya gangguan-gangguan dalam menelpon dan mengirim sms pada jam-jam sibuk atau hari raya, penambahan fasilitas-fasilitas layanan terkini, dan jangan lupakan layanan after sales service yang semakin baik. Namun sebelum persaingan mengarah ke hal-hal tersebut, sebagai konsumen kita masih boleh berharap : Semoga perang tarif terus berlangsung sampai harga yang seharusnya (murah) untuk konsumen.

SMS Scheduler Untuk Ponsel Symbian

Selama ini pengguna ponsel Symbian S60 generasi 1, seperti Nokia 7650, Nokia 3650/3660 sering dibuat iri dengan fasilitas SMS Scheduler yang dimiliki oleh rekan satu generasinya yaitu Nokia 9210/9210i, yang terinstal secara otomatis pada fasilitas pengiriman SMS.

Namun pengguna Nokia 7650/3650/3660 tidak perlu berkecil hati, karena aplikasi SMS Scheduler ini dapat diinstal pula pada ponsel mereka. Dengan catatan, aplikasi ini membutuhkan memori penyimpanan ponsel atau MMC sebesar 60 kb.

SMS Scheduler memungkinkan penggunanya untuk mengirim SMS pada tanggal dan waktu yang diinginkan..SMS dapat berisi teks, gambar, kalender dan daftar kontak sesuai standar pengiriman SMS untuk Symbian Series 60.

Manfaat SMS Scheduler akan terasa pada situasi seperti :
• Kita ingin mengirim SMS ulang tahun atau momen-momen lain yang tidak ingin terlewatkan.
• Kita ingin mengirim SMS pada seseorang di negara atau daerah, dimana terdapat perbedaan waktu, dan kita tidak ingin membangunkan mereka hanya untuk membaca sms kita.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah :
1. Download aplikasi mobilatech.sms.scheduler di www.funplusfun.com
2. Instal di ponsel via bluetooth atau Irda
3. Buka atau aktifkan SMS Scheduler
4. Ada 2 menu utama, yaitu Scheduled dan Drafts.
5. Pilih menu drafts, options, go to messaging
6. Tulis pesan SMS, setelah selesai kita simpan dengan memilih tombol close atau back.
7. Buka SMS tadi, pilih options, Schedule, date & time. Isikan tanggal dan waktu pengiriman. Ok
8. Maka SMS akan tersimpan pada menu Scheduled dan akan dikirim sesuai tanggal dan waktu yang telah kita tentukan.

Selamat mencoba.

Menikmati Layanan Push Email Semudah SMS

Akhir-akhir ini beberapa operator seluler gencar menawarkan Push Email.
Indosat melalui Blackberry Matrix dan Telkomsel dengan Ventus. Mungkin masih banyak yang bingung apa itu push email. Push Email adalah teknologi yang lahir karena tuntutan konsumen yang membutuhkan akses email kemanapun mereka berada. Terlebih adanya kendala jaringan internet yang masih terbatas, dan kalaupun ada akan lebih repot dan memakan waktu untuk menggunakannya. Oleh karena itu ditemukan salah satu metode untuk memecahkannya yaitu lewat jaringan telepon selular yang jaringannya lebih luas daripada jaringan internet.
Sebenarnya dari Handphone atau mobile device lainnya, kita juga bisa mengakses email melalui WAP/GPRS, namun prosesnya agak merepotkan karena tiap beberapa saat harus mengecek inbox secara manual. Maka akan lebih memudahkan bila ada teknologi yang secara otomatis dapat mengecek inbox email dan memberi informasi bahwa ada email yang masuk. Push email dapat menjawab tantangan tersebut. Push email suatu teknologi yang memungkinkan kita menerima email layaknya SMS. Jadi setiap ada email yang masuk maka langsung bisa diterima seperti SMS. Untuk dapat menggunakan layanan tersebut minimal harus ada Operator dan Handset/perangkat yang men-support Push Email.
Proses kerja Push Email kurang lebih adalah email yang masuk akan di ambil oleh Server dari operator yang menyediakan layanan, lalu akan di proses dan dikirimkan kepada pelanggan layaknya SMS. Jelas sangat menguntungkan bagi orang-orang yang mobile dan bergantung dengan email, waktu dan biaya bisa lebih ditekan dan informasi jelas ter-update. Namun, Kendala dari layanan ini adalah tarifnya masih terlalu mahal, apalagi untuk perorangan. Memang pertama kali layanan ini di tujukan untuk segmen corporate, namun sekarang sudah dibuka untuk masyarakat umum/perorangan.
Di Internet, banyak tersedia layanan push email gratisan. Diantaranya yakni emoze ( www.emoze.com ) dan flurrymail.com ( www.flurrymail.com ). Namun seperti kita tahu, beberapa operator dalam negeri sudah menyelenggarakan layanan berbasis data ini. Ada You’ve got mail, ventus, Blackberry, I- Memo-va dan mobile m@il.

Berikut beberapa layanan push email operator tersebut, termasuk pengguna yang bisa memakainya.
TELKOMSEL
1. Telkom Ventus. Ditujukan untuk pelanggan pasca bayar. Jenis ponsel yang mendukung layanan ini hanya ponsel symbian dan PDA (windows mobile).
2. You’ve got mail. Push email ini bisa dinikmati pelanggan prabayar dan pascabayar. Tipe ponsel yang mendukung layanan ini yakni hampir semua ponsel J2ME berfitur email (Nokia S40, S60, dan S80, Sony Ericsson, Motorola, dan lain-lain ) dan windows mobile.
3. You’ve Got Mail merupakan layanan push email pertama di Indonesia yang dapat mengakses hingga lima account sekaligus dari berbagai email account popular seperti Hotmail, Yahoo!, Google mail, AOL, dan CBN. Bahkan beragam email protocol POP3/IMAP4.


INDOSAT
1. Blackberry
Layanan ini lebih ditujukan bagi pelanggan korporat.
2. I-Memove
Pesan email yang terkirim dalam bentuk pesan MMS, dengan kapasitas maksimal 50 kb/MMS. Untuk registrasi, ketik REG ke 6789 via MMS
3. I-Mofis
Layanan ini serupa Blackberry, hanya saja berjalan di ponsel ber-OS windows mobile.

PRO-XL
1. Blackberry Internet Service
Layanan push email untuk individual dan usaha kecil memudahkan anda menerima dan mengirim email sampai 10 email account yang berbasis POP3/IMAP, termasuk 1 email account yang otomatis didaftarkan xl.blackberry.com
2. Blackberry Enterprise Server
Layanan ini didesain untuk corporate yang menggunakan platform Microsoft Exchange, Lotus Domino or Novel Wise. Dibutuhkan server yang akan dihubungkan dengan mail server perusahaan, menyediakan anda akses wireless ke email kantor, contacts dan kalender.
3. Mobile M@il
Layanan push email ini ditujukan bagi pengguna kartu XLMail (Username@xlmail.co.id) dengan kapasitas 15 MB. Selain itu, anda bisa mendaftarkan 4 akun email POP3 atau IMAP lainnya, seperti CBN, yahoo.co.id, Radnet, Gmail, Hotpop dan lain-lain sehingga anda bisa membaca dan membalas email XLMail dan email POP3 anda lainnya melalui ponsel anda.
Registrasi bisa dilakukan melalui situs wap http://wap.xl.co.id. Klik, logo XL mobie m@il dan sign up.

Agar Istirahat Lebih Nyaman

Mungkin kita pernah mengalami saat ditelepon tetapi nomor si penelepon tidak muncul nomornya/private number. Kalau tidak diangkat takutnya telepon penting, tetapi waktu diangkat kok teleponnya ditutup lagi. Atau kita menerima sms gelap atau teror sms dan sebagainya. Kelihatannya masalah seperti merupakan masalah yang remeh tetapi kadang-kadang kita menjadi terganggu karenanya, apalagi kalau gangguan itu kita terima saat kita sedang istirahat atau sedang liburan. Sebenarnya kita dapat mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan aplikasi berbasis Symbian, yaitu Call Filter dan Best Spam Killer.

Call Filter adalah suatu aplikasi yang benar-benar menganut konsep "Simple Yet Efficient", maksudnya sederhana namun efisien. Kita dapat menolak secara halus setiap telpon yang masuk dari kontak yang kita pilih. Sangat mudah diakses dan cepat untuk mengaktifkan maupun menonaktifkannya.. Pemeliharaan terhadap data telpon yang ditolak juga dapat kita lakukan dengan mudah, entah akan kita hapus ataupun disimpan. Yang menggembirakan aplikasi ini freeware alias tidak berbayar.

Pada saat kita akses aplikasi ini, kita akan masuk menu utama, kita pilih option lalu pilih new untuk menentukan nomor telpon atau kontak yang ingin kita filter. Setelah itu baru kita aktifkan dengan memilih activate, maka kontak atau nomor telpon yang kita filter akan ada indikator kotak merah di sebelah kiri.

Aplikasi ini ditujukan untuk ponsel dengan sistem operasi Symbian 6.0 untuk semua versi maupun UIQ. Aplikasi ini dapat diunduh di http://www.anfymobile.com/callfilter/

Sedang aplikasi Black Spam Killer berfungsi untuk mengatasi sms yang tidak ingin kita terima. Prinsipnya sama dengan fungsi spam yang biasa kita jumpai dalam penggunaan email di komputer. Jadi saat kita menerima sms dari nomor atau daftar kontak yang sudah kita pilih, maka sms tersebut akan masuk ke kotak spam dan bukan ke inbox dari messaging.

Setelah kita jalankan aplikasi ini, kita akan masuk ke menu utama. Disini kita memilih option untuk menentukan daftar kontak atau nomor telpon yang akan kita tolak sms-nya. Setelah kita pilih jangan lupa untuk mengaktifkan aplikasi ini dengan menekan pilihan turn-on. Semua sangat user friendly, termasuk saat kita ingin menonaktifkan aplikasi ini, dengan memilih turn-off. Aplikasi ini gratisan alias freeware dan ditujukan untuk ponsel berbasis Symbian. Dapat diunduh di http://funplusfun.com atau di situs-situs symbian yang lain.

Mengatasi Keterbatasan RAM Nokia 3650/3660

Seperti yang Anda ketahui, Nokia 3650 tidak memiliki RAM sebanyak Nokia 6600 dan N-Gage. Namun, CHIP akan menunjukan kepada Anda bagaimana cara untuk mendapatkan RAM yang lebih banyak untuk menjalankan game dan aplikasi yang memerlukan memori besar dan mele-nyapkan pesan "Memory low... Please re-move some data" yang cukup mengganggu.
Metode yang paling mudah untuk membebaskan memory di ponsel Anda adalah menutup aplikasi yang tidak digunakan. Untuk mengetahui aplikasi apa yang belum tertutup secara sempurna, tahan tombol "Menu" dan pilih aplikasi yang akan ditutup. Tekan tombol “Options” lalu scroll down tombol navigasi sampai ke pilihan "exit". Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lain. Hal ini dapat membebaskan sekitar 100-200 KB memory.

Flight Mode: Membuat ponsel Anda dapat di-restart tanpa memerlukan SIMcard.


Apabila metode tersebut masih belum cukup ampuh, terdapat metode kedua yaitu memanfaatkan software Psiloc System Tools (www.psiloc.com). Jalankan software ini dan pindahlah ke tab “Tools”. Pilih menu “Compress RAM” dan dalam sekejap Anda akan mendapatkan beberapa KB di ponsel Anda. Selain itu, Psiloc System Tools ini pun memiliki "Flight mode". Dengan memilih mode ini, ponsel dapat di-restart tanpa SIM card sehingga tidak ada phone task yang berjalan. Dengan demikian, Anda dapat membebaskan RAM 3,5 MB. Metode ini memang sedikit merepotkan karena Anda harus mencabut SIM card. Setelah di-restart, Ponsel akan menampilkan beberapa kali pesan "Insert SIM card". Anda tidak perlu khawatir karena setelah beberapa detik tampilan untuk memasuki "flight mode" dari Psiloc pun akan muncul. Tekan tombol “Options | Enter flight mode”. Tekan tombol "Power" untuk menghidupkan lampu. Anda pun tidak perlu panik ketika tombol "Power" tidak bisa mematikan ponsel Anda. Nonaktifkan “flight mode” dari Psiloc System Tools untuk mematikan ponsel. Pasang kembali SIM card, nyalakan, dan fungsi ponsel akan kembali seperti semula.

Agar Puasa Jalan Terus

Bagi umat muslim, masalah halal-haram menjadi hal yang mutlak dalam memilih makanan. Disamping dilarang agama, makanan haram juga diketahui banyak mendatangkan keburukan bagi badan.
Untuk mereka yang tinggal di negara berpenduduk mayoritas muslim tidak sulit untuk memilih makanan yang halal karena negara-negara tersebut biasanya sudah memiliki lembaga sertifikasi, yang akan memberikan sertifikat halal pada produk makanan yang akan diedarkan di pasar.
Lalu bagaimana dengan makanan impor, yang mungkin belum terdata lembaga sertifikasi ? Kita bisa mengetahui kandungan yang ada dalam sebuah makanan dengan menggunakan sebuah aplikasi Java bernama “Halal Food Guide for Mobile Phone”. Aplikasi ini berplatform J2ME, ukuran file 75 kb, bisa diinstall pada ponsel Java MIDP 1.0 keatas, dan dapat didownload di http://getjar.com/products/8291/
HalalGuide.
Aplikasi ini berisi kumpulan daftar bahan-bahan makanan yang dibagi dalam 4 (empat) kategori yaitu : halal, haram, tergantung kondisi (bisa haram / bisa halal), dan masybuh (meragukan).
Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Begitu membuka aplikasi, kita dapat menemukan pilihan BROWSE dan 2 pilihan lainnya, yaitu E-Code dan Ingredients (bahan makanan). Untuk masyarakat Indonesia, E-Code mungkin akan terasa asing, mengingat kode ini banyak digunakan negara-negara Eropa dan Amerika untuk memberi label makanan di wilayah mereka.
Misalkan kita memilih Ingredients, kita tidak akan menemukan kata-kata lada, bawang merah, cabai, dsb. Karena kata-kata yang digunakan menggunakan bahasa-bahasa ilmiah makanan. Tapi jangan kawatir, karena kita tinggal mencocokkannya dengan data yang ada di balik kemasan makanan tersebut. Selamat mencoba.